Penjelasan dan Macam-macam Gerbang Logika


gbr1


Hai-hai sahabat kompi 😊 di artikel kali ini saya akan membahas tentang Gerbang Logika atau Bahasa inggrisnya adalah Logic Gate untuk anak elektronika dan juga kelistrikan pasti butuh banget nih ilmu ini okey langsung baca aja ya pembahasan kali ini. Cekidooott….

Dasar dari Bahasa yang di menegerti mesin adalah dalam bilangan Biner yaitu 1 dan 0.
Gerbang logika adalah blok bangunan dasar dari setiap system digital. Yang memiliki satu atau lebih dari satu input untuk dan hanya memiliki satu output saja. Hubungan antara input dan output didasarkan pada logika tertentu. Berdasarkan ini, gerbang logika dinamai AND gateOR gateNOTgate dll.

Macam-macam Gerbang Logika :
1.      Gerbang AND
2.      Gerbang OR
3.      Gerbang NOT
4.      Gerbang NAND
5.      Gerbang NOR
6.      Gerbang X-OR
7.      Gerbang X-NOR

Sedikit penjelasan singkat mengenai tiap tiap Gerbang Logika 

Gerbang AND
Gerbang yang digunakan untuk mengalikan variabel pada suatu persamaan lagika. Tanda yang digunakan untuk menyatakan operasinya adalah tanda titik (.). Gerbang AND mempunyai beberapa input dan satu output.






Apabila kita menganggap nilai satu (1) adalah benar dan nilai nol (0) adalah salah. Maka akan berlaku beberapa aturan yaitu :
·                  Jika A adalah salah dan B adalah salah maka kebenaran AND adalah salah (0)
·                  Jika A adalah salah dan B adalah benar maka kebenaran AND adalah salah (0)
·                  Jika A adalah benar dan B adalah salah maka kebenaran AND adalah salah (0)
·                  Jika A adalah benar dan B adalah benar maka kebenaran AND adalah benar (1)
Dapat disimpulkan dalam suatu tabel kebenaran AND, jika terdapat salah satu nilai bernilai salah atau kedua nilai salah, maka kebenaran AND adalah salah. Namun jika nilai sama sama benar maka kebenaran AND adalah benar.



Gerbang OR
Gerbang yang digunakan untuk menjumlahkan variabel pada suatu persamaan logika. Tanda yang digunakan untuk menyatakan operasinya adalah tanda (+). Gerbang or mempunyai beberapa input dan satu output.





Apabila kita menganggap nilai satu (1) adalah benar dan nilai nol (0) adalah salah. Maka akan berlaku beberapa aturan yaitu :
·                  Jika A adalah salah dan B adalah salah maka kebenaran OR adalah salah (0)
·                  Jika A adalah salah dan B adalah benar maka kebenaran OR adalah benar (1)
·                  Jika A adalah benar dan B adalah salah maka kebenaran OR adalah benar (1)
·                  Jika A adalah benar dan B adalah benar maka kebenaran OR adalah benar (1)
Dapat disimpulkan dalam suatu tabel kebenaran OR, jika terdapat salah satu nilai bernilai salah, maka kebenaran OR adalah benar. Jika kedua nilai bernilai salah maka kebenaran OR adalah salah. Namun jika kedua nilai benar maka kebenaran OR adalah benar.


Gerbang NOT
Gerbang yang digunakan untuk menginversikan suatu harga variable dalam persamaan logika. Sering disebut dengan istilah inverter. Gerbang NOT mempunyai 1 input dan 1 output. Logika dari gerbang NOT adalah membalik apa yang diinput kedalamnya. Ketika input bernilai 1 maka output akan bernilai 0, dan begitu pula sebaliknya. Lambang :






Gerbang NAND
Gerbang ini merupakan perluasan dari gerbang AND, yang merupakan gabungan dari gerbang AND dan gerbang NOT. Tanda yang digunakan untuk menyatakan operasi NAND, merupakan gabungan kedua tanda dari AND dan NOT yang mempunyai beberapa input dan satu output. Lambang :





Apabila kita menganggap nilai satu (1) adalah benar dan nilai nol (0) adalah salah. Maka akan berlaku beberapa aturan yaitu :
·                  Jika A adalah salah dan B adalah salah maka kebenaran NAND adalah benar (1)
·                  Jika A adalah salah dan B adalah benar maka kebenaran NAND adalah benar (1)
·                  Jika A adalah benar dan B adalah salah maka kebenaran NAND adalah benar (1)
·                  Jika A adalah benar dan B adalah benar maka kebenaran NAN adalah salah (0)
Dapat disimpulkan dalam suatu tabel kebenaran NAND merupakan kebalikan dari tabel kebenaran NAD. Dimana apabila nilai salah satu bernilai salah ataupun nilai keduanya brnilai salah maka tabel kebenaran NAND adalah benar. Namun apabila kedua nilai bernilai benar, maka tabel kebenaran NAND bernilai salah.


Gerbang NOR
Gerbang ini merupakan perluasan dari gerbang OR, yang merupakan gabungan dari gerbang OR dan gerbang NOT. Tanda yang digunakan untuk menyatakan operasi NOR, merupakan gabungan kedua tanda dari OR dan NOT yang mempunyai beberapa input dan satu output.






Apabila kita menganggap nilai satu (1) adalah benar dan nilai nol (0) adalah salah. Maka akan berlaku beberapa aturan yaitu :
·                  Jika A adalah salah dan B adalah salah maka kebenaran NOR adalah salah (1)
·                  Jika A adalah salah dan B adalah benar maka kebenaran NOR adalah salah (0)
·                  Jika A adalah benar dan B adalah salah maka kebenaran NOR adalah salah (0)
·                  Jika A adalah benar dan B adalah benar maka kebenaran NOR adalah salah (0)
Dapat disimpulkan bahwa nilai tabel kebenaran NOR merupakan kebalikan dari nilai tabel kebenaran OR. Dimana apabila salah satu bernilai benar atau salah dan kedua nilai bernilai benar maka tabel kebenaran NOR bernilai salah. Namun apabila kedua nilai bernilai salah maka tabel kebenaran NOR bernilai benar.



Gerbang XOR
Gerbang ini terbentuk dari dua buah NOT, dua buah AND dan sebuah gerbang OR. (A.B + A.B). Gerbang ini adapat digunakan sebagai rangkaian ekpresi pembanding dan sebagai dasar rangkaian ilmu hitung. Lambang :





Apabila kita menganggap nilai satu (1) adalah benar dan nilai nol (0) adalah salah. Maka akan berlaku beberapa aturan yaitu :
·                  Jika A adalah salah dan B adalah salah maka kebenaran XOR adalah salah (0)
·                  Jika A adalah salah dan B adalah benar maka kebenaran XOR adalah benar (1)
·                  Jika A adalah benar dan B adalah salah maka kebenaran XOR adalah benar (1)
·                  Jika A adalah benar dan B adalah benar maka kebenaran XOR adalah salah (0)
Dapat disimpulkan dalam suatu tabel kebenaran XOR apabila kedua nilai bernilai salah ataupun kedua nilai bernilai benar maka tabel kebenaran XOR bernilai salah. Namun apabila salah satu nilai bernilai benar atau salah satunya bernilai salah maka tabel kebenaran XOR bernilai Benar.


Gerbang XNOR
Gerbang ini merupakan inversi dari gerbang XOR atau merupakan gerbang XOR dengan tambahan inverter pada outputnya. Lambang:






Apabila kita menganggap nilai satu (1) adalah benar dan nilai nol (0) adalah salah. Maka akan berlaku beberapa aturan yaitu :
·                  Jika A adalah salah dan B adalah salah maka kebenaran XNOR adalah benar (1)
·                  Jika A adalah salah dan B adalah benar maka kebenaran XNOR adalah salah (0)
·                  Jika A adalah benar dan B adalah salah maka kebenaran XNOR adalah salah (0)
·                  Jika A adalah benar dan B adalah benar maka kebenaran XNOR adalah benar (1)
Dapat disimpulkan dalam suatu tabel kebenaran XNOR merupakan kebalikan dari tabel kebenaran XOR. Dimana apabila kedua nilai bernilai benar ataupun kedua nilai bernilai salah maka tabel kebenaran XNOR bernilai benar. Namun apabila salah satu nilai bernilai benar atau salah satu nilai bernilai salah, maka tabel kebenaran XNOR bernilai salah.


Sekian semoga bermanfaat :)

sumber :

0 Response to "Penjelasan dan Macam-macam Gerbang Logika"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel